Karakteristik Wasir Eksternal

karakteristik wasir eksternal

Karakteristik Wasir Eksternal – Wasir dibedakan menjadi 2 kategori ada wasir internal dan ada pula wasir ekternal lalu bagaimana membedakanya mari kita bahas dulu mengenai wasir eksternal.

Gejala dan Tanda Wasir Ekstrenal

  1. Perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar – Anda mungkin melihat sejumlah kecil darah merah terang pada tisu toilet atau di toilet
  2. Gatal atau iritasi di daerah anus Anda
  3. Rasa sakit atau ketidaknyamanan
  4. Pembengkakan di sekitar anus Anda
  5. Sebuah benjolan di dekat anus Anda, yang mungkin sensitif atau menyakitkan
  6. Kebocoran tinja
  7. Gejala Wasir biasanya tergantung pada lokasi. Wasir internal terletak di dalam rektum. Anda biasanya tidak bisa melihat atau merasakan wasir ini, dan mereka biasanya tidak menyebabkan ketidaknyamanan.

Tapi tegang atau iritasi ketika melewati bangku dapat merusak permukaan wasir yang halus dan menyebabkan pendarahan. Kadang-kadang, mengejan dapat mendorong sebuah wasir internal melalui pembukaan anal. Hal ini dikenal sebagai wasir menonjol atau prolaps dan dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Wasir eksternal berada di bawah kulit di sekitar anus Anda. Ketika sedang terasa, wasir eksternal dapat gatal atau berdarah. Kadang-kadang darah bisa renang dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan (trombus), yang mengakibatkan rasa sakit yang parah, pembengkakan dan peradangan.

Periksa Ke Dokter

Perdarahan saat buang air besar adalah tanda yang paling umum dari wasir. Tetapi pendarahan anus dapat terjadi dengan penyakit lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur. Jangan berasumsi perdarahan yang berasal dari wasir tanpa konsultasi dokter.

Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk mendiagnosa wasir dan mengesampingkan kondisi yang lebih serius atau penyakit. Juga mempertimbangkan untuk mencari saran medis jika wasir Anda menyebabkan rasa sakit, berdarah sering atau berlebihan, atau tidak membaik dengan pengobatan rumah.

Jika gejala ambeien Anda mulai bersama dengan perubahan yang nyata pada kebiasaan buang air besar atau jika Anda melewati hitam, berlama-lama atau tinja merah marun, bekuan darah, atau darah dicampur dengan tinja, konsultasikan dengan dokter Anda segera. Jenis tinja dapat sinyal lebih luas perdarahan di tempat lain di saluran pencernaan Anda.

Mencari perawatan darurat jika Anda mengalami sejumlah besar dubur pendarahan, ringan, pusing atau pingsan.

Penyebab Wasir Eksternal

Pembuluh darah di sekitar anus Anda cenderung untuk meregangkan bawah tekanan dan tonjolan mungkin atau membengkak. Vena bengkak (wasir) dapat berkembang dari peningkatan tekanan dalam rektum yang lebih rendah. Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan peningkatan tekanan meliputi:

  1. Mengejan saat buang air besar
  2. Duduk untuk jangka waktu yang lama di toilet
  3. Diare kronis atau sembelit
  4. kegemukan
  5. kehamilan
  6. hubungan seks yang tidak lazim
  7. Diet rendah serat
  8. Wasir lebih mungkin saat usia bertambah karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di rektum dan anus dapat melemahkan dan peregangan dengan penuaan.

Kompikasi Penyakit Wasir Eksternal

Kompikasi pada penyakit wasir memang jarang ditemui namun jika terjadi kompilkasi mungkin itu akibat dari kondisi wasir yang telah parah atau mungkin juga karena kondisi daya tahan tubuh yang kurang sehat, bisa juga karena sebelumnya pernah mengidap penyakit tertentu. Berikut ini Komplikasi wasir ekternal meliputi :

  • Anemia. Kehilangan darah kronis dari wasir dapat menyebabkan anemia, di mana Anda tidak memiliki sel darah merah yang sehat cukup untuk membawa oksigen ke sel-sel Anda. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.
  • Strangulasi wasir. Jika suplai darah ke wasir internal terputus, wasir mungkin “terjepit”, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan (gangren).

Sumber Penulis : Obat ace maxs

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*